Festival Literasi: Menuju Masyarakat Ngemplak Melek Literasi

Ngemplak merupakan salah satu desa di Kecamatan Mranggen, Demak.  Desa ini memiliki karakteristik pertanian jagung dan padi serta tingkat religiusme yang tinggi. Terdapat kurang lebih 15 Mushola, 1 masjid dan 2 pondok pesantren. Selain itu juga terdapat Taman Baca Masyarakat (TBM)

TBM yang diinisiasi oleh Shohibul Anam ini memiliki banyak koleksi buku serta kepengurusan yang aktif. Namun, dirasa minat baca masyarakat masih terbilang rendah. Maka dari itu, perlu adanya momentum untuk Bersama-sama mencoba mencintai buku. Hal ini disebabkan oleh kebudayaan literasi yang coba digaungkan oleh pemerintah pusat.

Literasi dimaknai sebagai  kemampuan dalam menelaah secara baca maupun tulis. Perlu untuk mempopulerkan istilah literasi demi terciptanya sumber daya manusia yang berwawasan. Maka dari itu, tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Semarang bersama dengan karang taruna “Gema Persada” dan IPNU-IPPNU Ngemplak mengadakan acara bertajuk “Festival Literasi 2018” dengan tema “Menuju Masyarakat Ngemplak Melek Literasi. Acara berlangsung meriah dengan durasi selama 2 hari yaitu Jumat, 2 November dan Minggu, 4 November 2018.

Pada hari Jumat, berlangsung Lomba-Lomba Bahasa yang diikuti oleh siswa dari tingkat TK, SD/MI, MTs/SMP dan MA/SMA di Desa Ngemplak. Lomba-lomba tersebut diantaranya adalah lomba mewarnai, lomba baca puisi, lomba mendongeng, lomba pidato dan lomba membuat cerpen.

Berikut ini adalah daftar pemenang lomba-lombanya:

  1. Lomba Mewarnai Tingkat TK/RA

1. Kania, TK Kartini skor 910

2. Indah, TK Handayani skor 900

3. Nadia, RA Miftahul Ulum  skor 820

  • Lomba Baca Puisi Tingkat SD/MI

1. Erliana Eccika S., MI Miftahul Ulum  skor 1334

2. Naila Nur Syikha, MI Miftahul Ulum skor 1286

3. Hesti Nur Kusriyani, SD Negeri 1 Ngemplak skor 1265

  • Lomba Mendongeng Tingkat SD/MI

1. Lintang Ayu Ramadhani, MI Miftahul Ulum skor 910

2. Dewi Ayu Sekarsari, SD Negeri 1 Ngemplak skor 750

3. Nadya Inaratul Ulya, MI Miftahul Ulum skor 690

  • Lomba Pidato Tingkat SMP/MTS

1.Lutfi Najib skor 957,5

2.Dian Fathimatus S. skor 952,5

3. Sabrina Calista A.R. skor 800

  • Lomba Cerpen Tingkat SMA/MA
  • Riska Diah P. skor 584
  • Riska Nur K skor 553
  • Rizki Ramadhan S. skor 526

Puncak Festival Literasi adalah Minggu, 4 November. Acara yang berisi kegiatan Jalan Sehat ini mengundang antusiasme warga hingga kupon yang dibagikan habis sekitar 400 kupon. Hal ini tak lepas dari dukungan MI Miftahul Ulum yang berpartisipasi penuh sebagai peserta. Acara jalan sehat juga dikemas asyik dengan hiburan bernyanyi karaoke. Selain itu, TBM juga membuka stand perpustakaan mini serta membawa dua onthel pustaka sebagai penarik minat anak-anak yang datang untuk membaca. Acara ditutup pukul 10.30 hingga dimulai lagi pada malam harinya.

Padamalam hari, acara bertajuk “Malam Seni”. Acara ini bertujuan sebagai wadahanak-anak dan pemuda Ngemplak untuk menampilkan bakat dan kesenian yangdimilikinya. Dari mulai penampilan pidato, mendongeng, baca puisi, tarutradisional dan akustik berlangsung meriah. Di malam seni juga ada pengundian doorprize utama yaitu Kipas Angin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan